25 radar bogor

Duh, Relawan Uji Vaksin Covid-19 Tunjukkan Gejala Aneh. Uji Vaksin Dihentikan

Ilustrasi Vaksin
Ilustrasi Vaksin

JAKARTA-RADAR BOGOR, Perusahaan raksasa AstraZeneca menyatakan telah menghentikan uji coba vaksin virus Corona (Covid-19) karena penyakit yang tidak dapat dijelaskan pada salah satu sukarelawan.

Langkah tersebut merupakan tindakan pencegahan standar dalam uji coba vaksin guna memastikan vaksin eksperimental tidak menyebabkan reaksi serius di antara para sukarelawan.

“Sebagai bagian dari uji coba global acak dan terkontrol yang sedang berlangsung dari vaksin virus corona, kami menghentikan sementara vaksinasi untuk memungkinkan peninjauan data keamanan,” menurut perusahaan itu dalam sebuah pernyataan seperti dikutip CNN.com, Rabu (9/9/2020).

Disebutkan bahwa langkah itu merupakan tindakan rutin yang harus dilakukan setiap kali ada penyakit yang berpotensi tidak dapat dijelaskan di salah satu pengujian dan untuk menjaga integritas pengujian.

“Dalam uji coba besar, penyakit akan terjadi secara kebetulan, tetapi harus ditinjau secara independen untuk memeriksanya dengan cermat. Kami sedang berupaya untuk mempercepat peninjauan peristiwa tunggal tersebut untuk meminimalkan dampaknya pada jadwal uji coba. Kami berkomitmen terhadap keselamatan peserta kami dan standar perilaku tertinggi dalam uji coba,” menurut pernyataan itu.

Sebelumnya, AstraZeneca bergabung dengan delapan perusahaan lain dalam menandatangani kesepakatan mereka untuk tidak meminta persetujuan dini dari pemerintah untuk vaksin virus corona apa pun.