Beranda Bogor Raya Mahasiswa Sains Komunikasi Unida Bantu Penanggulangan Covid-19

Mahasiswa Sains Komunikasi Unida Bantu Penanggulangan Covid-19

 

BOGOR – RADAR BOGOR, sebagai salah satu bagian dari Tridharma Perguruan Tinggi, program studi Sains Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Fisip), Universitas Djuanda (Unida) Bogor melakukan pengabdian kepada masyarakat melalui Kuliah Kerja Lapangan (KKL).

“KKL juga menunjukkan eksistensi dan peran perguruan tinggi, dalam hal ini mahasiswa dan dosen, mengamalkan secara konkrit ilmunya di lapangan dan bermanfaat untuk kemaslahatan masyarakat. Kegiatan ini menunjukkan kehadiran Fisip Unida Bogor di tengah-tengah masyarakat untuk membangun masyarakat melalui penerapan ilmu,” ungkap Dekan Fisip Unida Bogor, Denny Hernawan.

Kuliah Kerja Lapangan yang sekaligus bentuk pengabdian kepada masyarakat tahun ini bertema  “Pemberdayaan Masyarakat Dalam Penanggulangan Covid-19”. Berbeda dengan konsep yang biasanya melakukan kunjungan bermukim bersama-sama dalam satu kecamatan.

Namun, tahun ini sejalan dengan situasi pandemi Covid-19 dengan konsep individu. Masing-masing  mahasiswa melaksanakan KKL di lokasi terdekat tempat tinggal atau tempat kerja masing-masing, misalnya di desa, kelurahan, kecamatan, instansi pemerintahan, atau perusahaan.

Sesuai dengan tema di atas, mahasiswa melakukan kegiatan pengabdian masyarakat melalui KKL ini berupa penerapan komunikasi dalam sosialisasi protokol kesehatan covid-19 kepada masyarakat, pemanfaatan media dalam melakukan penyampaian pesan protokol kesehatan, pemanfaatan media pemasaran produk potensi desa dalam meningkatkan kesejahteraan di masa pandemi Covid 19, manajemen komunikasi dalam pelaksanaan program bantuan sosial covid-19, dan sebagainya.

Ketua Program Studi Sains Komunikasi, Maria Fitriah mengimbau, KKL kali ini untuk membantu pemerintah dalam menekan penyebaran Covid-19 dengan protokol yang ketat. “Kami tidak melakukan kerumunan atau berkelompok-kelompok, social distancing, penggunaan masker, cuci tangan, dan penggalian data yang dapat diperoleh melalui daring,” paparnya.

Pelaksanaan kegiatan pengabdian masyarakat melalui KKL ini, sambung dia, dilakukan tahap persiapan dan pelaksanaan. Pada tahap pertama, yaitu persiapan yang berlangsung 6-18 Juli 2020. Mahasiswa diberi pembekalan secara daring, yang kemudian dilanjutkan dengan survei lokasi untuk mendapatkan persetujuan dan pengumpulan data.

Tahap kedua, sambung dia, pelaksanaan yang berlangsung pada 20-25 Juli 2020. Mahasiswa secara individu turun ke lokasi untuk menyelenggarakan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan KKL yang berlangsung pada 20-25 Juli 2020.

Berdasarkan Permendikbud Nomor 3 tahun 2020 tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi, Pengabdian kepada Masyarakat adalah kegiatan sivitas akademika yang memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan masyarakat dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Penyelenggaraan Kuliah Kerja Lapangan dilakukan dengan konsep yang berbeda pada tahun ini. Hal ini terkait surat  edaran  dari  Menteri  Pendidikan  dan Kebudayaan  (Kemdikbud)  nomor 36962/MPK.A/HK/2020 tanggal 17 Maret 2020 perihal Pembelajaran secara Daring dan Bekerja dari Rumah dalam Rangka Pencegahan Corona Virus Disease (COVID-19). (rp1)