25 radar bogor

Innalillahi, di Daerah Ini Krisis Lahan Pemakaman Akibat Covid-19

Ilustrasi pemakaman korban Corona
Ilustrasi pemakaman korban Corona
Ilustrasi

JAKARTA-RADAR BOGOR, Beberapa lahan pemakaman di DKI Jakarta dan Surabaya, Jawa Timur, mulai penuh akibat peningkatan kasus kematian akibat virus corona (Covid-19).

Salah satunya terjadi di tempat pemakaman umum (TPU) Pondok Ranggon, Jakarta. Rata-rata kedua TPU ini memakamkan hampir 30 jenazah dalam satu hari

Menurut salah seorang petugas di TPU Pondok Ranggon, beberapa petugas pemakaman akhirnya kelelahan dengan lonjakan jenazah yang terjadi dalam tiga minggu terakhir.

“Lahan ini sudah krisis di TPU Pondok Ranggon, tinggal satu tempat di bawah, itu kemungkinan kalau seandainya jenazah melonjak terus, bisa dipastikan sebulan akan habis untuk di TPU Pondok Ranggon,” PJLP GTP Pondok Rangon, Imang Maulana, dilansir CNN Indonesia TV, Senin (7/9/2020).

Hal serupa juga terjadi di TPU Babat Jerawat, Surabaya, Jawa Timur. Selama menjadi pemakaman khusus untuk jenazah Covid-19, TPU ini menerima kurang lebih 700 jenazah.

Kepala TPU Babat Jerawat Hartono memperkirakan lahan TPU Babat Jerawat hanya tersisa untuk 100 jenazah. Ia berharap Pemkot Surabaya melakukan perluasan lahan untuk pemakaman.