25 radar bogor

Apple dan Google Buat Pelacak Kontak Covid-19 Tanpa Aplikasi

Ilustrasi
Ilustrasi

JAKARTA-RADAR BOGOR, Apple dan Google mengumumkan kalau sistem operasi mereka nantinya akan dilengkapi dengan sistem pemberitahuan Covid-19.

Sehingga, dengan sistem ini pengguna Android dan iOS bisa otomatis melacak ponsel lain lewat Bluetooth. Sistem itu akan menentukan seberapa dekat dan berapa lama dua ponsel berada berdekatan.

Gunanya untuk memberitahu pengguna ketika mereka sempat berdekatan dengan pengguna lain yang teridentifikasi positif Covid-19.

Namun, fitur ini baru akan aktif jika pengguna memilih untuk ikut berpartisipasi dalam pelacakan itu. Baik Apple dan Google mengklaim sistem itu tidak akan mengumpulkan lokasi atau mengidentifikasi pengguna.

Pengguna pun tak mengharuskan pengguna menginstal aplikasi. Hal ini dilakukan Google dan Apple agar lebih banyak pengguna yang berpartisipasi dalam sistem ini. Sehingga, memudahkan pelacakan dan pemberitahuan.

Melansir CNBC, sistem dapat mengirim pemberitahuan ke ponsel lain yang memiliki sistem itu bahwa mereka mungkin telah terpapar virus jika berdekatan dengan salah satu pengguna ponsel yang dinyatakan positif Covid-19.