25 radar bogor

KTM Mulai Dirakit di Gresik

KTM 390 Adventure.
KTM 390 Adventure. Foto: Net

JAKARTA-RADAR BOGOR, Merek motor asal Austria, KTM, mulai memanfaatkan fasilitas pabrik perakitan di Indonesia. Melalui PT Penta Jaya Laju Motor (PJLM), motor KTM dirakit di Gresik, Jawa Timur.

Presiden Direktur PT Penta Jaya Laju Motor sebagai distributor KTM, Kristianto Goenadi, mengatakan, pabrik perakitan itu bisa menghasilkan 70 unit motor KTM per hari. Itu pun bisa ditingkatkan lagi.

“Kita akan start KTM 390 Adventure ini untuk CKD (perakitan lokal di Gresik). CKD akhir Agustus kita start production, jadi nanti minggu pertama/minggu kedua (September) ini kita delivery yang tipe adventure nanti menyusul tipe-tipe lain dari 200 sampai 390 kita semua produksi secara CKD,” kata Kris.

Memang, saat ini motor KTM versi CKD ini murni hanya perakitannya yang dilakukan di Indonesia. Sementara penyerapan komponen lokal belum banyak.
“TKDN (tingkat komponen dalam negeri) sebagian. Karena TKDN ini lebih related ke principal.

Kayak aki kita mulai pakai (komponen lokal). Item-item lain kita akan menyusul karena kita akan menyesuaikan approval dari principal, 90% masih impor, kita baru rakit aja,” sebut Kris.

Harga motor versi CKD pun bisa ditekan. Menurut Kris, perbedaan harga impor CBU dengan versi perakitan lokal cukup jauh.