25 radar bogor

Rektor Unhan Gagas Universitas Pencak Silat

 

Rektor Unhan Laksamana Madya TNI Amarulla Octavian melaksanakan penandatanganan kerjasama dengan Ketua Umum PP Merpati Putih Djajeng Tirto S

BOGOR-RADAR BOGOR, Rektor Universitas Pertahanan (Unhan), Laksdya TNI Amarulla Octavian  berencana mendirikan universitas pencak silat, sebagai penghargaan dan apresiasi terhadap cabor beladiri asli Indonesia. Hal itu disampaikannnya saat menerima Pengurus Pusat Merpati Putih di ruang tamu Rektor Unhan gedung rektorat lantai.2 Kampus Bela Negara Unhan Kawasan IPSC Sentul-Bogor Jawa Barat. Senin, (31/8).

“Tujuan kami mendirikan universitas pencak silat karena  masih ada anggapan bahwa pencak silat olahraga kampungan. Kami justru ingin menunjukkan kepada dunia, ini olahraga asli bangsa Indonesia,” ujarnya kepada radarbogor.id  usai penandatanganan kerjasama dengan Merpati Putih.

Dengan universitas pencak silat ini, sambungnya, akan mencetak kader-kader bela negara dari para atlet silat secara akademis. “Jadi akan dipelajari secara akademis bagaimana teknik pernafasan, teknik tendangan, teknik pukulan, filosofi, filsafat dan lainnya. “Pencak silat memang berasal dari kampung, tapi sebenarnya modern lho!” tegas Octavian.

Jenderal bintang tiga ini menambahkan, universitas pencak silat akan berdiri sendiri dan terpisah dari Unhan. Jika hal itu terealisasi, akan mendaftarkan ke Direktorat Pendidikan Tinggi. Saat ini anggaran sedang disusun dan dalam waktu dekat diajukan kepada Kementerian Pertahanan.

Adapun kurikulum yang diajarkan diserahkan kepada para ahli silat maupun pengurus pusat untuk menyiapkan pembentukannya. “Unhan hanya mempersilahkan kalau mau mencoba kurikulumnya. Anggap saja seperti sudah ada universitas pencak silat. Bisa gak diterapkan (pada mahasiswa). Makanya ada kerjasama dengan Merpati Putih,” tukasnya.