25 radar bogor

Ini Alasan Lain Komunitas Brompton Tolak Rencana Road Bike Masuk Tol

Ilustrasi
Ilustrasi. Jalur Sepeda.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Tuai pro-kontra, rencana Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta terkait usulan kepada Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) agar membolehkan road bikemelewati jalan Tol dalam Kota pada jam tertentu, banyak ditolak komunitas sepeda lain.

Salah satu penolakan disampaikan komunitas sepeda lipat Brompton Kelapa Gading dan Sekitarnya (Bogas).

Dilansir Republika.co.id, Ketua Bogas Chriswanto, mengatakan, kebijakan sepeda masuk tol rawan menimbulkan kecemburuan sosial di kalangan pesepeda motor.

Selain itu, menurut Chris, adanya jalur sepeda di tol juga dapat membahayakan keselamatan pesepeda. Hal itu lantaran Tol dalam Kota di Jakarta tidak didesain layaknya Jembatan Suramadu.

Meskipun nantinya dipisahkan dengan tanda pembatas, Chris menilai, langkah itu belum cukup. Bahkan, yang terjadi dapat menyebabkan kemacetan di dalam tol, lantaran jalur untuk mobil pribadi dan angkutan lain semakin sempit.

Chris melanjutkan, adanya jalur sepeda di dalam tol juga dapat menyebabkan pendapatan dari jalan tol menurun. Pasalnya satu lajur tol dijadikan jalur sepeda berarti mengurangi kapasitas tol untuk kendaraan roda empat dan angkutan lainnya.