25 radar bogor

MPR Minta Bantuan UMKM Dipercepat

Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Demokrat, Syarief Hasan.
Wakil Ketua MPR RI dari Fraksi Demokrat, Syarief Hasan.

“Menteri-menteri harus mempercepat bantuan tersebut. UMKM harus segera dibantu agar dapat segera hidup kembali. Begitupun stimulus KUR, restrukturisasi kredit, insentif perpajakan, dan sektor lainnya, harapannya segera direalisasikan,” ujarnya.

Menurutnya, bantuan langsung UMKM ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi Indonesia. Apalagi, diketahui bersama bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia anjlok minus 5,32 persen di Kuartal II-2020.

“Realisasi anggaran, terutama realisasi bantuan UMKM adalah jalan untuk menguatkan kembali ekonomi Indonesia di kuartal selanjutnya,” ungkapnya.

Lebih lanjut, Syarief Hasan menyoroti kinerja menteri-menteri Presiden Jokowi. Menurutnya, Jokowi lebih sering menyalurkan bantuan UMKM dibandingkan para pembantunya yang harus bekerja secara teknis.

“Apalagi, Presiden Jokowi dalam beberapa kesempatan menyoroti kinerja Menterinya yang dianggap lamban dan dengan berbagai alasan antara lain birokrasi dan sebagainya dalam merealisasikan stimulus ekonomi,” ujarnya.

“Ingat, kunci dari bantuan langsung ini adalah percepatan. UMKM tidak boleh dipersulit dengan data dan alur birokrasi yang panjang dan melelahkan. Menteri-Menteri harus melakukan reformasi birokrasi sehingga bantuan tersebut segera diterima oleh pelaku UMKM,” ungkapnya.