25 radar bogor

Anies Segera Buka Bioskop di Jakarta dengan Protokol Ketat

Ilustrasi mal dan bioskop
Ilustrasi mal dan bioskop.
Ilustrasi nonton di bioskop.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan berencana segera membuka kembali bioskop pada masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) masa transisi. Namun, belum disebutkan tanggal pembukaannya.

“Dalam waktu dekat kegiatan bioskop akan kembali dibuka. Protokol kesehatan diterapkan melalui regulasi yang ketat sehingga pelaku industri memberikan jasa tanpa risiko besar. Masyarakat saat berkegiatan merasa aman,” kata Anies di Gedung BNPB, Jakarta Timur, Rabu (26/8/2020).

Anies mengatakan, pembukaan bioskop ini telah dibahas bersama dengan Satgas Penanganan Covid-19, Kementerian Kesehatan, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, serta para pelaku usaha bioskop.

Menurutnya, sudah ada 47 negara yang kembali membuka layanan bioskop di tengah pandemi Covid-19. Bahkan di Korea Selatan, bioskop tidak pernah ditutup meskipun pada saat puncak pandemi.

Guna menunjang kebijakan ini, Pemprov DKI akan menyiapkan regulasi yang ketat ketika bioskop kembali dibuka.

Mulai dari kualifikasi warga yang diizinkan ke bioskop, pembelian tiket hanya secara online, pengaturan jaga jarak di dalam maupun antrian masuk, penerapan protokol kesehatan, hingga proses pembersihan area bioskop.