25 radar bogor

Sistem ‘Keroyokan’, Cara Tinton Soeprapto Keluar Dari Keterpurukan Ekonomi

Tinton Soeprapto
Tinton Soeprapto. Foto: Twitter

BOGOR-RADAR BOGOR, Imbas pandemi Covid-19 masih dialami beberapa sektor usaha, termasuk Kabupaten Bogor.

Meski begitu, upaya pemulihan ekonomi seyogyanya dibuka kembali para pengusaha dengan ‘keroyokan’ atau sinergi bersama pemerintah.

Pengusaha kawakan asal Bogor, Tinton Soeprapto tak menampik perihal merosotnya kondisi perekonomian selama pandemi Covid-19.

Sebagai salah satu pengusaha di bisnis perhotelan, ia merasakan sendiri bagaimana wabah sempat mengobrak-abrik usahanya.

Sebagian karyawannya sampai dirumahkan karena tak ada pemasukan. Beruntung, kondisi itu tak berlangsung terlalu lama.

Apalagi ketika relaksasi terhadap aturan PSBB mulai diberikan pemerintah, baik daerah maupun pusat. Beberapa bisnisnya pun mulai bernapas perlahan-lahan.

Meski belum normal, tak ada lagi karyawan yang dirumahkan.

Bahkan, lelaki berusia 75 tahun ini mengupayakan  pemulihan ekonomi itu secara keroyokan.

“Ya harusnya memang kita bangkit. Kita punya tanggung jawab mengenai suasana ini (pandemi) yang harus keluar dari kotak (keterpurukan) ini. Cuma ya bukan tanggung jawab pribadi saja. Jangan sampai karyawan sudah dirumahkan, gak dipikirin,” cetusnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Salah satu langkahnya, kata Tinton, perlu ada sinergi antara para pengusaha maupun pemerintah. Menurutnya, momen pemerintah memberikan sinyal pemulihan ekonomi harus disambar para pengusaha.

Di sektor mana pun, para pengusaha harus bekerja sama, termasuk dengan karyawan-karyawan di instansi tertentu.

“Strateginya itu kembali lagi bahwa kita harus bikin strong team, tim yang kuat. Kita ajak mereka (karyawan) berperan dalam tim ini. Habis itu, kita segera kerja keroyokan supaya mereka yang ada dalam tim merasa punya peran dan tugas masing-masing,” papar lelaki yang juga Direktur Utama Sentul International Circuit ini.

Tinton juga menyambut baik upaya pemerintah dalam kembali menumbuhkan perekonomian di tengah pandemi. Kabupaten Bogor juga telah merumuskan strategi pemulihan ekonomi di tengah momen perayaan HUT ke-75 Kemerdekaan RI.

Ia optimis bakal melihat ada peningkatan yang signifikan.

“Geliat ekonomi di Kabupaten Bogor sudah bagus. Hanya satu, yang kita butuhkan kembali adalah membentuk tim. Strong team. Kita merja keroyokan. Kita harus bikin pertumbuhan yang rutin. Masalah apa yang perlu dibenahi dengan urutan atau prioritas,” tambahnya lagi. (mam)