25 radar bogor

Henk Wullems, Mantan Pelatih Timnas Indonesia Meninggal Dunia

Henk Wullems
Henk Wullems

TILBURG-RADAR BOGOR,  Henk Wullems, mantan pelatih Timnas Indonesia, meninggal dunia. Juru taktik asal Belanda itu tutup usia di umur 84 tahun.

Wullems wafat pada Selasa (18/8/2020) malam WIB di Tilburg, Belanda. Melansir laporan Brabants Dagblad, Wullems meninggal dunia akibat penyakit infark otak yang baru-baru ini dideritanya dan akan dikremasikan di Tilburg, Sabtu (22/8).

 

Kabar meninggalnya Wullems disampaikan akun Twitter resmi NAC Breda. Klub divisi dua Belanda itu merupakan tim yang pernah ditangani Wullems pada periode 1972-1975.

 

“Kami menerima kabar duka bahwa Henk Wullems, pelatih yang membawa NAC memenangkan piala pada 1973, meninggal dunia pada usia 84 tahun. Turut berbelasungkawa kepada keluarga terdekatnya,” begitu isi cuitan akun NAC Breda.

 

Henk Wullems memang memiliki ikatan sejarah yang manis dengan NAC Breda. Dia sukses membawa klub asal Breda itu meraih trofi Piala KNVB pada 1973 dan menjadi satu-satunya piala bergengsi yang bisa diraih NAC Breda selepas Perang Dunia II.

 

Setelah angkat kaki dari NAC Breda pada 1975, Wullems melanjutkan kariernya di SBV Vitesse, Go Ahead Eagles, SBV Excelsior, dan AZ Alkmaar. Pada 1995, pria kelahiran 21 Januari 1936 itu menerima tawaran menjadi pelatih klub Indonesia, Mastrans Bandung Raya.

 

Pada musim pertamanya melatih Bandung Raya, Wullems sukses mempersembahkan gelar Liga Indonesia 1995/1996. Satu tahun berselang, dia ditunjuk menjadi pelatih Timnas Indonesia.