25 radar bogor

Merdeka Belajar Bikin Guru Kebingungan

Siswa belum bisa kembali ke sekolah akibat Pendemi Covid-19.
Siswa belum bisa kembali ke sekolah akibat Pendemi Covid-19.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah mengeluarkan lima episode Program Merdeka Belajar. Kebijakan dalam program tersebut pun dirasa membuat guru kebingungan.

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Federasi Serikat Guru Indonesia (FSGI), Satriwan Salim mengatakan bahwa hal ini di karenakan komunikasi penjelasan kebijakan yang tidak intens.

“Jadi bukan hanya guru yang pusing, sekolah juga pusing. Saya di sini melihat ada komunikasi yang gagal dengan guru-guru dan sekolah,” terang dia, Senin (17/8).

Salah satunya adalah penyederhanaan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), di mana aturan RPP hanya satu lembar dan terlalu teknis.

“Mestinya RPP itu didesain sedemikian rupa, bukan harus satu lembar, karena bukan lembar jadi ukuran. Tapi apakah dilaksanakan proses pembelajaran itu, apakah RPP itu sebagai sesuatu yang autentik,” kata dia.

Terkait dengan penggunaan dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS). Dia menyebut dana itu belum bisa merdeka pengelolaan dan penggunaannya.