25 radar bogor

HUT Kemerdekaan RI, Belajar Online Kabupaten Bogor Jauh dari Kata Merdeka

Salah seorang siswa di Kabupaten Bogor, belajar di rumah secara online.
Salah seorang siswa di Kabupaten Bogor, belajar di rumah secara online.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan RI digelar secara simbolis melalui upacara di Lapangan Tegar Beriman, Senin (17/8). Sayangnya, Bupati Bogor Ade Yasin hanya menekankan untuk fokus dalam pemulihan ekonomi selama masa pandemi ke depan.

Hal itu terungkap jelas melalui pidato yang dibacakan oleh orang nomor satu Bumi Tegar Beriman. Ia merincikan pencapaian-pencapaian Kabupaten Bogor selama tahun 2019. Dilanjutkan dengan strategi-strategi khusus agar perekonomian Kabupaten Bogor di tengah pandemi bisa dibangkitkan kembali.

Padahal sektor pendidikan juga ikut terpuruk dengan kondisi pandemi ini. Sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) banyak dikeluhkan orang tua. Pemberlakuan PSBB Pra AKB, hingga 10 September, memperpanjang belajar dari rumah dengan memanfaatkan teknologi gadget dan jaringan internet.

Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bogor, Agus Salim sejak awal mewanti-wanti pemkab seharusnya mencari solusi atas permasalahan kompleks pembelajaran secara daring itu.

Pasalnya, bukan hanya kendala dari segi prasarana maupun jaringan. Bahkan akses dan sumber daya juga ikut mempengaruhi pembelajaran jarak jauh itu.

“Kompleks memang permasalahan ini dan tidak bisa dikorbankan nyawa generasi masa depan kita. Untum di daerah tengah seperti ini saja, memang ada sinyal, ada handphone, namun keluhannya adalah kuota karena tidak ada duitnya,” terang politikus asal PKS ini.