25 radar bogor

Peserta Lolos SBMPTN Wajib Registrasi Ulang

Ilustrasi

Selanjutnya, Nasih menjelaskan, ketentuan kelulusan itu sepenuhnya berada di tangan para rektor PTN yang diputuskan melalui rapat maraton pada 10–12 Agustus. Pihaknya hanya berkewajiban melakukan seleksi dan memberi skor dari hasil ujian yang dilaksanakan.

Berdasar catatan LTMPT, lanjut dia, standar deviasi dari ujian kali ini relatif sangat kecil. Artinya, ada homogenitas dari para peserta. ’’Dalam arti lain, peserta punya nilai-nilai yang tidak jauh beda. Bahkan tidak jarang sama,’’ paparnya.

Lebih detail, Nasih memaparkan mengenai statistik penerimaan UTBK-SBMPTN. Tahun ini distribusi peminat paling tinggi berada di Universitas Gadjah Mada (UGM).

Jumlah pendaftar di sana mencapai 62.507 orang. Disusul Universitas Brawijaya (UB) 61.743 orang dan Universitas Padjadjaran (Unpad) 56.446 peserta.

Untuk keketatan yang terjadi, sejumlah jurusan sukses menjadi rebutan karena daya tampung yang terbatas. Pada prodi saintek, keketatan Teknik Informatika Unpad menjadi yang tertinggi dengan 2.465 pendaftar dan kuota hanya 32 kursi.

Diikuti Jurusan Kedokteran Gigi Universitas Diponegoro (Undip) dengan 464 peserta dan kuota yang diterima 8 orang serta Kedokteran UGM dengan 3.565 pendaftar dan kuota 62 orang.

Sementara itu, untuk prodi soshum, keketatan tertinggi berada di Jurusan Ilmu Komunikasi Universitas Indonesia (UI) dengan jumlah pendaftar mencapai 2.988 orang, sedangkan yang diterima hanya 24 orang.