25 radar bogor

Pramuka Ikut Peduli Terhadap Penanganan Covid-19

Pramuka Cigombong
Apel peringatan Hari Pramuka di Halaman Kantor Kecamatan Cigombong.
Pramuka Cigombong
Apel peringatan Hari Pramuka di Halaman Kantor Kecamatan Cigombong.

CIGOMBONG-RADAR BOGOR, Plt. Camat Cigombong, Asep Achadiat Sudrajat selaku Ketua Majelis Pembimbing Ranting (Kamabiran) Pramuka Kecamatan Cigombong mengatakan, tema Hari Pramuka yang menunjukkan kepedulian terhadap penanganan COVID-19 merupakan perwujudan semangat membantu menanggulangi bencana akibat wabah tersebut.

“Tema tersebut adalah perwujudan dari semangat para pramuka untuk ikut membantu menanggulangi bencana COVID-19 yang sampai saat ini masih menjadi masalah besar bangsa Indonesia, juga di seluruh dunia,” kata Asep, yang juga sekaligus sebagai Pembina Apel HUT Pramuka Kecamatan Cigombong.

Pernyataan itu ia sampaikan setelah mengikuti apel peringatan Hari Pramuka di Halaman Kantor Kecamatan Cigombong. Sebab, wabah COVID-19 masih mendera, jumlah peserta upacara hanya dibatasi 40 orang dewasa dan dilakukan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan.

Lebih lanjut, Asep berharap HUT Pramuka tahun ini bagi Kecamatan Cigombong menjadi momentum kebangkitan Gerakan Pramuka untuk menghantarkan Kwarran Cigombong menjadi Kwarran Tergiat di Kabupaten Bogor.

Tema Hari Pramuka 2020 adalah Peran Gerakan Pramuka Ikut Membantu dalam Penanggulangan Bencana Covid-19 dan Bela Negara.

Dia minta para pengurus Kwarran untuk tetap semangat untuk memandu anggota pramuka, fokus berupaya melaksanakan pendidikan karakter untuk menumbuhkan peserta didik yang berkepribadian.

Kemudian beriman, bertaqwa, berakhlak mulia, berjiwa patriotik, taat hukum, disiplin, peduli, menjunjung tinggi nilai-nilai luhur bangsa dan memiliki kecakapan hidup sebagai kader bangsa dalam menjaga serta membangun Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).