Beranda Metropolis Mengurai Dampak Ekonomi Covid-19, ACT Bogor Aktivasi Beberapa Lumbung Sedekah Pangan

Mengurai Dampak Ekonomi Covid-19, ACT Bogor Aktivasi Beberapa Lumbung Sedekah Pangan

Salah satu titik lokasi Lumbung Sedekah Pangan di Kota Bogor.

BOGOR-RADAR BOGOR, Tidak ada yang bisa memprediksi sampai kapan pandemi Covid-19 ini berakhir. Alih-alih kasusnya menurun, dari hari ke hari kasus positif Covid-19 semakin meningkat. Selain dari segi kesehatan, dampak pandemi Covid-19 terlihat jelas dari segi ekonomi.

Dampak ekonomi pandemi Covid-19 dirasakan oleh seluruh lapisan masyarakat. Si kaya bisa menjadi miskin, apalagi mereka yang sebelumnya telah masuk kategori miskin, semakin kesulitan kehidupan sehari-harinya.

Kemiskinan yang meningkat di tengah pandemi ini juga semakin meningkatkan risiko bertambahnya jumlah penduduk yg kelaparan. Menurut data global, Indonesia berada di peringkat ke 70 dari 117 negara dengan tingkat kelaparan serius.

Melihat fakta tersebut, Aksi Cepat Tanggap menginisiasi sebuah gerakan untuk mengurai dampak ekonomi di tengah pandemi Covid-19 yaitu Gerakan Nasional Lumbung Sedekah Pangan (GN-LSP). GN-LSP adalah sebuah gerakan untuk mengatasi kelaparan dengan cara gotong-royong dari warga untuk warga.

Dengan tagline “Beri Sedekah Terbaikmu, Ambil Secukupnya bagi yang Perlu” menyemangati setiap orang untuk berbagi dengan mengisi rak lumbung sedekah pangan dengan bahan pangan apa saja yang mereka punya dan orang yang membutuhkan bisa mengambilnya sesuai kebutuhan.

GN-LSP telah diluncurkan secara nasional pada 6 Agustus 2020 di Posko Induk Nasional, Gunung Sindur, Kabupaten Bogor. Selanjutnya, ACT Cabang Bogor melakukan re-launching GN-LSP pada 10 Agustus 2020 bertempat di kantor ACT Bogor.

Hingga saat ini, Jumat 14 Agustus 2020 setidaknya ada 9 titik lokasi Lumbung Sedekah Pangan di Kota Bogor, antara lain:
1. Kantor Cabang ACT Bogor, Jl. Achmad Adnawijaya No 65B, Kel. Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara
2. Kantor Sekretariat RW 16, Kel. Tegal Gundil, Kec. Bogor Utara
3. Kp. Bantarjati Kaum RT 05 RW 10, Kel. Bantarjati, Kec. Bogor Utara
4. Jl. Data Winata GG Masjid Masjid RT 4 RW 2 Kel. Kedung Badak, Kec. Tanah Sereal
5. Kp. Sindangsari RT 02 RW 07 Kel. Kebon Kelapa, Kec. Bogor Tengah
6. Kp. Bantar Kemang RT 05 RW 07 Kel. Baranangsiang, Kec. Bogor Timur
7. Kp. Babakan RT 4 RW 11 Kel. Bubulak, Kec. Bogor Barat
8. Jln. R Kokasih RT 5 RW 10, Kel. Cikaret, Kec. Bogor Selatan
9. Kantor Komisi Penanggulangan AIDS (KPA) Kota Bogor, Jl. Perintis Kemerdekaan No. 20, Kota Bogor Tengah

Insya Allah lokasi GN-LSP akan terus bertambah di kota dan kabupaten Bogor. Oleh karena itu, kami mengajak sahabat dermawan untuk bersedekah terbaik bahan pangan berupa beras, minyak, telur, gula, teh, terigu, kecap, sarden, mie telur, kacang-kacangan, lauk-pauk, sayuran tahan lama, dan lainnya ke Posko Wilayah Bogor, Kantor ACT Bogor, Jalan Achmad Adnawijaya No 65B, Tegal Gundil, Bogor Utara, Kota Bogor. Sedekah terbaik juga bisa disalurkan melalui tautan https://bogor.indonesiadermawan.id/LumbungSedekahPangan

Semoga gerakan ini bisa massive dengan dukungan semua pihak terutama masyarakat, sehingga kesenjangan ekonomi akibat pandemi Covid-19 dapat terkurangi.(*/pin)