Beranda Berita Utama Bantuan Rp600 Ribu Segera Cair, Begini Cara Mengecek Nama Penerima BLT BPJS...

Bantuan Rp600 Ribu Segera Cair, Begini Cara Mengecek Nama Penerima BLT BPJS Ketenagakerjaan

PELAYANAN: Pegawai BPJS Ketenagakerjaan sedang melayani warga yang hendak mendaftar BPJS.

JAKARTA-RADAR BOGOR, BPJS Ketenagakerjaan terus mendata nomor rekening pekerja yang bergaji dibawah Rp5 juta. Sebab, karyawan swasta bergaji di bawah Rp 5 juta dipastikan akan mendapat uang bantuan langsung tunai (BLT) Rp600 ribu per bulan dari pemerintah.

Namun ada syaratnya, yakni harus terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan. Kabarnya, bantuan ini segera cari sekitar dua minggu lagi.

Penerima BLT ini hanya diberikan untuk karyawan swasta yang terdaftar sebagai anggota BPJS Ketenagakerjaan (BPJamsostek) dan masih aktif di program kepesertaan.

Sebelumnya Menteri Keuangan, Sri Mulyani mengatakan bantuan untuk karyawan swasta yang digelontorkan pemerintah ini harus menggunakan data BPJS Ketenagakerjaan.

Tanpa data tersebut akan terjadi kekisruhan dalam penyalurannya. “Kalau kita tidak punya nama dan alamat atau bahkan nomor accountnya akan sulit bagi pemerintah untuk membantu,” ujar Sri Mulyani.

Untuk mengecek apakah terdaftar sebagai peserta, para pekerja tidak perlu datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan. Pekerja bisa mengecek nama penerima BLT melalui cara-cara yang tercantum di BPJS Ketenagakerjaan.

Pertama, pekerja bisa mengunduh atau download aplikasi BPJSTKU untuk mengecek status kepesertaan di BPJS Ketenagakerjaan. BPJSTKU merupakan layanan untuk peserta khusus tenaga kerja untuk memperoleh informasi saldo JHT dan rincian saldo JHT tahunan.