25 radar bogor

Pengurus dan Keluarga PRB Bakal Rapid Tes

Ketua Peduli Warga Bogor (PRB), Johan Pakpahan
Ketua Peduli Warga Bogor (PRB), Johan Pakpahan

CIBINONG-RADAR BOGOR, Langkah lembaga swadaya masyarakat (LSM) Peduli Rakyat Bogor (PRB) patut ditiru. Ya, organisasi non pemerintah ini mulai menggelar rapid test Virus Corona atau Covid-19 pada jajaran atau pengurusnya.

Kegiatani ni mulai dari pucuk pimpinannya yakni Johan Pakpahan rapid tes di RSUD Cibinong pada Rabu (12/8/2020). “Jajaran pengurus PRB sudah saya minta semuanya ikut rapid test beserta keluarganya sekitar 50 orang,” kata Johan.

Menurut dia, rapid test ini merupakan bentuk kepedulian untuk mencegah penyebaran penularan Virus Corona. Kegiatan rapid test akan dilakukan secara berkala karena melibatkan jumlah yang banyak.

Pelaksanaan rapid test, pihaknya menerapkan protokol kesehatan ketat yakni dengan social distancing untuk menghindari kerumunan, mengenakan masker.

Di samping itu, disediakan sarana cuci tangan memakai sabun, hand sanitizer, dan peserta diukur suhu tubuhnya menggunakan thermo gun sebelum menjalani rapid test.

Semua petugas kesehatan yang menangani kegiatan rapid test juga menggunakan alat pelindung diri (APD) lengkap baju hazmat dan cover face.

“Bila nantinya ditemukan ada yang positif terpapar Covid-19, maka diminta melakukan isolasi mandiri atau dirawat di rumah sakit rujukan agar tidak menularkan virus kepada anggota keluarga atau masyarakat lainnya,” jelas Johan yang juga politisi PDI Perjuangan ini.