25 radar bogor

Ade Yasin: Rumpin Layak Jadi Ibu Kota Bogor Barat

Bupati Bogor, Ade Yasin
Bupati Bogor, Ade Yasin.
Bupati Bogor, Ade Yasin
Bupati Bogor, Ade Yasin.

CIBINONG-RADAR BOGOR, Sebelumnya Kecamatan Cigudeg, digandang-gandang sebagai calon pusat Ibu Kota Kabupaten Bogor Barat. Kini, Bupati Bogor, Ade Yasin memberi sinyal untuk menggeser calon ibu kota Kabupaten Bogor Barat dari Cigudeg ke Kecamatan Rumpin.

Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Kota Tangerang Selatan, Banten ini dinilai cukup layak untuk menjadi pusat ibu kota KBB, jika pisah dengan Kabupaten Bogor.

Kata Ade, Rumpin jauh lebih strategis ketimbang Cigudeg dalam hal pengembangan wilayah. Diketahui, Cigudeg saat ini berada dalam zona merah rawan bencana, terutama tanah longsor. Seperti terjadi awal tahun 2020.

“Rumpin ini kawasan yang sangat strategis. Sebelah utara berbatasan dengan Tangsel, di barat berbatasan dengan Parungpanjang. Kemudian di timur berbatasan dengan dengan Ciseeng dan di selasatan berbatasan dengan Leuwiliang,” kata Ade Yasin, Kamis (13/8).

Sehingga, kata Ade, hal ini dianggap sangat potensial untuk menjadi kawasan unggulan di Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Bogor, jika telah disahkan oleh Presiden Joko Widodo.

“Di Rumpin juga terdapat situ seluas 2,7 hektare dan sejumlah mata air yang berfungsi sebagai resapan air dan bisa dimanfaatkan untuk pertanian, perikanan dan pariwisata,” jelasnya.