Beranda Berita Utama Sudah Terdata 3,5 Juta Rekening Pekerja yang Bakal Terima Bantuan Rp600 Ribu

Sudah Terdata 3,5 Juta Rekening Pekerja yang Bakal Terima Bantuan Rp600 Ribu

Ilustrasi-Bantuan-Sosial-Tunai
Ilustrasi Bantuan Sosial Tunai

JAKARTA-RADAR BOGOR, Nomor rekening pekerja calon penerima bantuan subsidi upah (BSU) yang terkumpul bertambah signifikan. Hingga kemarin (11/8), tercatat 3,5 juta nomor rekening sudah disetor ke BPJamsostek. Meningkat tajam dari sehari sebelumnya sebanyak 700 ribu rekening.

Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah mengakui bahwa pengumpulan nomor rekening dan validasi menjadi tantangan utama program bantuan sosial khusus karyawan itu.

Sebab, bantuan bakal diserahkan langsung kepada pekerja. ”Langsung, gak pakai mampir,” tegasnya saat ditemui seusai diskusi bersama pelaku industri pariwisata di Jakarta kemarin (11/8).

Dengan penambahan kemarin, Ida optimistis proses pengumpulan nomor rekening bisa cepat. Bulan ini ditargetkan bisa di atas 5 juta nomor rekening.

Dengan begitu, bantuan sebesar Rp 600 ribu per bulan tersebut bisa segera dikucurkan. ”Semua secara paralel bergerak. Mudah-mudahan Agustus bisa mulai (dicairkan, Red),” ungkapnya.

Ida tetap meminta HRD perusahaan proaktif menyetor nomor rekening pekerjanya yang memenuhi syarat untuk menerima BSU. Di antaranya merupakan peserta aktif BPJamsostek dan upah di bawah Rp 5 juta per bulan.