25 radar bogor

Semarakan HUT RI, Pemdes Cihideung Udik Adakan Lomba Pembuatan Gapura

Cihideung Udik
Lomba pembuatan gapura di Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea.
Cihideung Udik
Lomba pembuatan gapura di Desa Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea.

CIAMPEA-RADAR BOGOR, Pemerintah Desa (Pemdes) Cihideung Udik, Kecamatan Ciampea, terus melakukan ide kreatif untuk peningkatan sumber daya manusia (SDM). Salah satunya dengan menggelar perlombaan pembuatan gapura dalam rangka menyambut HUT RI ke-75 dengan total ada 15 gapura dari perwakilan 15 RW.

Kepala Desa Cihideung Udik Denny menjelaskan, kegiatan tersebut sebagai langkah cepat dalam peningkatan wilayah desanya. Karena, lomba pembuatan gapura salah satu bentuk menyambut HUT RI ke 75.

“Total ada 15 gapura dari perwakilan 15 RW yang ada di Desa Cihideung Udik. Bahkan, masing-masing gapura yang dibuat mempunyai filosofi dan makna berbeda agar lebih unik,” jelasnya ketika dikonfirmasi wartawan kemarin.

Denny juga menambahkan, perwakilan warga yang membuat gapura tersebut murni dari anggaran swadaya masyarakat dan pihak pemdes akan menilai serta memberikan hadiah bagi gapura paling bagus dan unik.

“Kalau anggarannya bersumber swadaya masyarakat, namun kita akan berikan apresiasi dari hasil tersebut, minimal apa yang telah mereka buat sebagai kemajuan wilayah desa Cihideung udik kedepannya,” tambahnya

Lebih lanjut ia berharap, bahan pembuatan gapura kebanyakan dari hasil sampah dan botol bekas dimanfaatkan sebagai bahan utamanya. Tentunya, ini menjadi suatu karya tersendiri khususnya masyarakat memajukan daerahnya.

“Saya harap dengan kreatifitas masyarakat disini bisa menjadi kemajuan kedepan, dan menjadikan kampung percontohan di wilayah Bogor Barat,” tutupnya. (nal)