25 radar bogor

Fahri dan Fadli Diganjar Bintang Jasa, Pakar: Itu Cara Penjinakan

Fahri Hamzah
Fahri Hamzah
 Fahri Hamzah (Dok.JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah dan Waketum Gerindra Fadli Zon diganjar tanda jasa berupa Bintang Mahaputra Naraya. Meskipun keduanya kerap mengkritik kebijakan dan kinerja Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Menanggapi hal itu, pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI), Ujang Komarudin menduga diberikan bintang tanda jasa itu supaya Fadli Zon dan Fahri Hamzah tidak lagi melakukan kritik terhadap pemerintahan.

“Itulah pemerintah. Bisa saja memberi penghargaan itu cara halus untuk menjinakkan para pengkritik. Atau bisa juga untuk mendapatkan poin dari masyarakat. Karena yang mengkritik saja dapat penghargaan,” ujar Ujang kepada wartawan, Rabu (12/8/2020).

Ujang melihat, saat ini Fadli Zon juga tidak kritis seperti dahulu saat Gerindra masih menjadi oposisi pemerintahan Peesiden Joko Wododo (Jokowi). Namun itulah konsekuensi politik. Ketika partai bergabung ke pemerintaham. Maka harus mendukung kerja-kerja pemerintah.

“Saat ini kan Fadli Zon tak sekritis dulu. Karena saat ini Gerindra partai yang menaunginya juga ada dalam barisan pendukung pemerintah,” katanya.

Ujang juga mengatakan, jika tolak ukur pemberian penghargaan ke Fadli Zon dan Fahri Hamzah hanya karena intens melakukan kritik ke pemerintahan. Maka juga berlaku ke pada yang lain. Sehingga perlu juga tokoh-tokoh lainnya diberikan penghargaan.