25 radar bogor

9,1 Juta UMKM Bakal Terima Bantuan Rp2,4 Juta per Bulan

Ilustrasi UMKM
Ilustrasi UMKM

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ada kabar gembira buat para pelaku UMKM. Pasalnya, pemerintah memastikan bantuan produktif bagi pelaku usaha mikro cair pertengahan bulan ini.

Menteri Koperasi dan UKM Teten Masduki menyampaikan, pada tahap pertama, sebanyak 9,1 juta pelaku usaha mikro akan menerima stimulus senilai Rp 2,4 juta per bulan.

“Jadi, ini kami sudah siapkan pertengahan Agustus ini juga sudah bisa kami kick off,” katanya dilansir dari Antara, Rabu (12/8).

Teten melihat, pandemi Covid-19 memberikan dampak serius kepada UMKM dari sisi pembiayaan, produksi, distribusi, hingga dari sisi permintaan pasar. Atas dasar itu, pemerintah dalam program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) tahap awal sudah fokus pada persoalan pembiayaan bagi UMKM.

Khususnya bagi mereka yang sudah bankable dengan program restrukturisasi kredit, subsidi bunga, dan subsidi pajak. “Hari ini kami ratas dan sudah disetujui yaitu program bantuan produktif usaha mikro,” kata Teten.

Target bantuan produktif ini sebanyak 12 juta pelaku usaha mikro. Namun, pada tahap pertama bantuan produktif akan diberikan kepada 9,1 juta pelaku usaha mikro. “Total anggaran Rp 22 triliun,” katanya.