25 radar bogor

Swab Ulang, RS Azra Pastikan 10 Karyawannya Negatif Covid-19

Manajemen RS Azra saat memberikan keterangan swab ulang terhadap 10 karyawannya.

Jeffry lebih jauh mengatakan, sebenarnya pada pemeriksaan swab ulang pertama di laboratorium Kalgen Innolab pada 30 Juli diperoleh hasil yang negatif.

“Namun kami merasa perlu evaluasi lebih lanjut atas hasil swab tersebut, sehingga bekerjasama dengan laboratorium pada Lembaga Eijkman dan ternyata hasilnya tetap sama, negatif,” ujar Jeffry.

Menurut Jeffry, evaluasi berupa pemeriksaan swab ulang pertama dan kedua yang dilakukan oleh laboratorium yang menjadi rujukan pemerintah dalam penanganan Covid serta memiliki kredibilitas dan reputasi yang baik ini, sangat penting karena diharapkan dapat mempertahankan kepercayaan masyarakat terhadap RS Azra sebagai rujukan pasien Covid di Jawa Barat.

Langkah ini juga diharapkan dapat meredam keresahan masyarakat, terutama keluarga karyawan yang sebelumnya dinyatakan positif tersebut.

“Adanya pemberitaan mengenai karyawan yang positif terpapar Covid, selain membuat resah keluarga karyawan, juga membuat mereka dikucilkan oleh lingkungannya,” Jeffry menambahkan.

Sementara itu, Wakil Direktur Medis RS Azra ini pun menyayangkan penyebutan RS Azra sebagai kluster Covid 19 dan adanya usulan untuk melakukan evaluasi, bahkan penutupan terhadap rumah sakit Azra, karena menurutnya harus ada pemahaman dulu terkait penyebutan kluster, dan ada data yang valid terkait adanya kluster Covid-19 di RS Azra.