Beranda Pendidikan Tanpa Pedulikan Zona, Pesantren Sudah 100 Persen Lakukan KBM Tatap Muka

Tanpa Pedulikan Zona, Pesantren Sudah 100 Persen Lakukan KBM Tatap Muka

Menteri Agaman Fachrul Razi (kanan) berbincang dengan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (7/11/19). Rapat membahas program kerja Kementrian Agama dan isu-isu aktual lainnya. FOTO: (HENDRA EKA/ JAWA POS)
Menteri Agaman Fachrul Razi (kanan) berbincang dengan Wakil Menteri Agama Zainut Tauhid dalam rapat kerja dengan Komisi VIII DPR, di Gedung Nusantara II, Senayan, Jakarta, Kamis (7/11/19).

JAKARTA-RADAR BOGOR, Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengatakan bahwa pesantren hampir seluruhnya telah melaksanakan kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka. Mau yang berada di zona hijau maupun zona non hijau.

“Kami pesantren, kami hampir 100 persen masuk kembali, tanpa mempedulikan zona,” terang dia dalam telekonferensi pers, Jumat (7/8) sore.

Meskipun begitu, satuan pendidikan tersebut tentunya telah mendapatkan izin dari pemerintah daerah (Pemda) maupun satuan tugas Covid-19 dalam pelaksanaan kegiatan tatap muka. Sebab, jika tidak mendapat izin, mustahil pesantren untuk dibuka.

“Tapi dengan kami garis bawahi, kecuali ditempat-tempat yang tidak dibenarkan oleh pemerintah setempat dan gugus tugas setempat. Kalau dia gaboleh, ya pemda setempat harus mengingatkan, ya kalau itu ga boleh,” sambungnya.

Kata dia, sejak masa pandemi Covid-19, telah banyak pesantren yang menghentikan aktivitasnya. Namun, ada juga yang belajar seperti biasa. Di mana saat ini, santri yang dipulangkan, kini telah bertahap memulai kembali kegiatan pembelajaran tatap muka.

Kenapa ada yang tetap melaksanakan aktivitas seperti biasa, Menag mengatakan bahwa hal itu merupakan cara yang efektif dalam mengantisipasi adanya penyebaran virus.