Beranda Politik Jokowi Sampaikan Sambutan Secara Virtual di KLB Gerindra

Jokowi Sampaikan Sambutan Secara Virtual di KLB Gerindra

Presiden-Jokowi
ILUSTRASI: Presiden Jokowi saat memberikan keterangan di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, pada Minggu (15/3/2020)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberikan sambutannya secara virtual ke Kongres Luar Biasa Partai Gerindra. Dalam sambutannya, Jokowi berujar hajatan ini diselenggarakan dalam situasi yang juga luar biasa. Kondisi pandemi Covid-19 ini juga dialami 215 negara di dunia.

Menurut Jokowi, 215 negara saat ini berjuang menghadapi situasi ketidakpastian, krisis kesehatan, dan juga sekaligus krisis ekonomi yang tidak pernah terjadi sebelumnya.

“Tidak ada satupun negara yang siap dalam menghadapi krisis seperti ini. Lebih dari 18 juta penduduk dunia terinfeksi Covid-19 dengan 696 ribu kematian. Pertumbuhan ekonomi berbagai negara di dunia juga mengalami kontraksi yang dalam,” ujar Jokowi dalam pidato virtual di Hambalang, Jawa Barat, Sabtu (8/8).

Negara yang ekonominya terdampa‎k Perancis misalnya minus 19 persen, India minus 18,9 persen, Inggris minus 17,9 persen, Uni Eropa minus 14,4 persen, Singapura 12,6 persen, Jerman minus 11,7 persen, Amerika Serikat minus 9,5 persen.

Kemudian dana moneter dunia IMF bahkan memprediksi bahwa perekonomian dunia akan mengalami krisis keuangan terburuk sejak depresi besar di tahun 1930.

“Inilah situasi yang sedang kita hadapi hari ini, persoalan nyata di depan mata, yang tidak gampang dan tidak mudah,” katanya.