Beranda Bogor Raya Jembatan Ciparengpeng Sukajaya Nyaris Putus

Jembatan Ciparengpeng Sukajaya Nyaris Putus

Jembatan Ciparengpeng Sukajaya Bogor Nyaris Putus.

SUKAJAYA-RADAR BOGOR, Akses utama Ciparengpeng, Kecamatan Sukajaya, Kabupaten Bogor nyaris putus. Hal itu dikarenakan jembatan Ciberang yang menghubungkan tiga kampung yaitu, Ciparengpeng, Ciear, Cijairin dari pusat desa sudah rusak dan rapuh.

Dari pantauan pojokbogor jembatan tersebut sekarang hanya jembatan darurat berupa bambu yang dibangun swadaya aparat TNI. Selain itu jembatan itu tidak ada penyangga karena terbawa arus sungai. Ditambah jembatan itu sering digunakan warga untuk melintas.

“Saya kalau mau keluar itu harus jalan dari sini (Ciparengpeng) menyusur bukit sampai ke desa Cileuksa baru bisa naik motor. Saya tujuannya ke pasar Cigudeg itu bisa nyampe siang. Paling pulang lagi ke sini magrib, itu juga kalau engga hujan,” kata warga sekitar, Iin saat bertemu di perjalanan menunju pasar, Sabtu (08/08/2020).

universitas pakuan unpak

Sebelumnya kondisi jembatan ini yang menghubungkan tiga kampung di desa Cileuksa, Kecamatan Sukajaya tersebut bisa diakses oleh kendaraan roda empat.

Namun, kondisi itu berbeda setelah bencana banjir dan longsor menggerus akses utama pada awal tahun 2020 silam. Dalam peristiwa tersebut juga sekitar 2000 lebih penduduk kehilangan rumah tinggalnya akibat banjir dan longsor.

Untuk diketahui data masyarakat yang tinggal di tiga kampung sebelumnya msih terisolasi diantaranya kampung Ciparengpeng ada sebanyak, 479 jiwa, cijairin 143 jiwa, dan Ciear 78 Jiwa.(adi/pojokbogor)