25 radar bogor

Bantu Siwa Belajar Daring, Pemkot Bogor Siapkan Wi-Fi di Tiap RW

Ilustrasi Wifi
Ilustrasi Wifi

“Kalo RW kan lebih tersebar. 797 RW kita hitung anggarannya, termasuk juga infrastrukturnya. Kita sudah rapatkan dengan teman-teman,” jelasnya.

Rahmat mengungkapkan, Wi-Fi tersebut juga dapat dipergunakan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) untuk memasarkan produknya secara digital. Demikian, pemulihan dan kebangkitan ekonomi di Kota Bogor juga dapat dipercepat.

“Kalo sudah ada Wi-Fi kan pemanfaatannya bisa untuk ekonomi dan pendidikan. Misalnya ada produk A, B, atau C di wilayah itu bisa dipasarkan secara online,” katanya.

Rahmat menjelaskan, pihaknya juga berkoordinasi dengan penyedia jaringan yang ada di Kota Bogor. Sehingga, saat dilakukan pemasangan, Wi-Fi akan disesuaikan dengan infrastruktur jaringan yang ada di masing-masing kelurahan.

“Kita akan kerja sama dengan operator atau penyedia jaringan yang sudah ada. Karena kalo kita bangun sendiri kan terpusat, anggaran besar, dan proses pengadaannya lebih lama,” jelasnya.

Lebih lanjut, Rahmat mengatakan, Wi-Fi direncanakan dipasang di tempat umum seperti posyandu maupun balai RW yang memiliki kapasitas 20 Megabit per second (Mbps).