Maling Motor di Tegal Gundil Terekam CCTV, Tapi Gagal. Ini Gara-garanya!

Aksi maling motor di Tegal Gundil, Bogor Utara yang terekam kamera CCTV.

BOGOR-RADAR BOGOR, Aksi pencurian sepeda motor di Tegal Gundil, Kecamatan Bogor Utara, terekam kamera CCTV.

Informasi yang dihimpun radarbogor.id, aksi maling motor itu terjadi di Jalan Azimar 3, kelurahan Tegal Gundil,  Kecamatan Bogor Utara,  Kota Bogor sekitar pukul 04.00 WIB Selasa (4/8/2020) dini hari.

Dalam rekaman video CCTV terlihat detik-detik maling motor beraksi. Ada dua pelaku yang mengendarai satu motor. Setibanya di lokasi, salah satu pelaku bertugas mengambil motor jenis matic.

Pelaku nampak berhasil membawa kabur motor incarannya. Namun,  mesin motor yang jadi sasaran pelaku itu tiba-tiba mati setelah sebelumnya sempat menyala.

Pelaku yang mengenakan baju hitam itu pun terus mencoba menyalakan kembali motor curiannya tersebut,  namun tak kunjung berhasil.

Lokasi yang berdekatan dengan pos kamling,  membuat pelaku panik dan mendorong motor curiannya ke depan rumah warga lalu meninggalkannya.

Diduga kuat, sepeda motor yang diincar pelaku menggunakan kunci rahasia sehingga membuat mesin motor mendadak mati.

Bagi para pembaca radarbogor.id cara ini bisa dicoba. Bisa memasang kunci rahasia ditengah maraknya aksi maling motor di Kota Bogor.

Pemasangan kunci rahasia pada motor bisa dilakukan di semua motor.  Sepeti yang diutarakan Rizky Ramdanu, salah satu montir motor di Bogor. Ia mengaku untuk membuat kunci rahasia ada beberapa jenis.

Salah satunya dengan memasang alat tambahan bagi motor yang sudah dibekali teknologi Lean Angle Sensor (LAS) yang kini banyak disematkan di motor-motor sekarang.

“Sebenarnya LAS itu semacam sensor kalau motor dalam kemiringan tertentu atau jatuh mesin langsung mati.  Nah ini bisa dimanfaatkan jadi kunci rahasia,” katanya saat dihubungi radarbogor.id Rabu (5/8/2020).

Pria yang akrab disapa Iki itu menuturkan, memasng kunci rahasia di motor bisa dengan menambah saklar.

“Jadi ketika sklarnya on, ini akan menyebabkan sistem ECU yang membaca posisi motor dianggap sedang jatuh. Mesin motor pun akan mati dan tidak bisa menyala,” tuturnya.

Selain itu,  bisa juga pasang alat yang banyak dijual di toko online. Sistemnya hampir serupa. “Namun penempatan saklarnya harus benar benar rahasia,” tukasnya. (all)