25 radar bogor

Terpapar Covid-19, Dua Jemaah Haji Asal Indonesia Dilarang Wukuf

Ilustrasi Jemaah Haji
Ilustrasi Jemaah haji sedang Tawaf

Selain Kementerian Haji, ada Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan Arab Saudi. Bahkan, Kementerian Haji menjadi seperti juru bicara saja.

Kondisi serupa dialami Ketua Umum AMPHURI Joko Asmoro. Sampai saat ini, dia masih berada di Jeddah. Dia membantu pengurusan administrasi terkait 463 perusahaan travel haji khusus dan umrah di bawah bendera AMPHURI. ’’Saya juga ikut daftar (haji 2020, Red). Tetapi, tidak ada kabar,’’ jelasnya.

Menurut Joko, penyelenggaraan haji 2020 ini bisa jadi menjadi modelling atau percontohan pelaksanaan umrah musim 1442 Hijriah.

Seperti pembatasan dan pengaturan ketat saat pelaksanaan tawaf. Selain itu, juga pelaksanaan sai atau berjalan cepat dari Bukit Safa ke Marwa. Dia mengatakan, AMPHURI beserta seluruh travel di bawahnya terus memantau perkembangan di Arab Saudi. Khususnya kabar kapan ibadah umrah kembali dibuka.

Data KBRI Riyadh per 31 Juli menyebutkan, ada 82 kasus WNI terjangkit Covid-19 di wilayah kerja KBRI Riyadh. Dari jumlah itu, 23 orang menjalani karantina, 37 orang sudah sembuh, dan 22 orang meninggal.

Lalu, di wilayah kerja KJRI Jeddah, ada 118 WNI positif Covid-19. Dari jumlah itu, 60 orang dikarantina, 16 orang sembuh, dan 42 orang meninggal. (jpg)