25 radar bogor

Puluhan Klaster Keluarga Terdeteksi di 8 Kecamatan se-Kabupaten Bogor

Ilustrasi
Ilustrasi

BOGOR-RADAR BOGOR, Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Bogor, mendeteksi ada tren penularan virus korona (Covid-19) klaster keluarga di delapan wilayah kecamatan Kabupaten Bogor. Puluhan klaster keluarga itu terdeteksi sejak tiga pekan lalu.

”Terdeteksi puluhan klaster keluarga di Kecamatan Ciawi, Tamansari, Cibinong, Gunung Putri, Cileungsi, Klapanunggal, Jonggol, dan Babakan Madang,” ujar Juru Bicara GTPP Covid-19 Kabupaten Bogor Syarifah Sofiah di Cibinong, Kabupaten Bogor.

Menurut Syarifah, salah satu penyebabnya yaitu rendahnya kesadaran isolasi mandiri mereka yang sudah berstatus positif Covid-19. Masyarakat juga mulai abai terhadap protokol kesehatan.

Hingga Senin (3/8/2020) malam, dia mencatat, hanya tiga kecamatan berstatus zona hijau, kemudian 10 kecamatan zona kuning, dan 27 kecamatan berstatus zona merah.

Pada periode yang sama, Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Bogor mencatat, ada 557 kasus COVID-19 di wilayahnya, dengan rincian 27 kasus meninggal dunia, dan 325 pasien yang berhasil sembuh.

Kondisi kasus Covid-19 yang jumlahnya tak kunjung menurun, membuat Pemerintah Kabupaten Bogor mengambil langkah untuk tidak melakukan pelonggaran aturan pada perpanjangan pembatasan sosial berskala besar (PSBB) yang berlaku selama 14 hari sejak 31 Juli.