Beranda Opini Amonium Nitrat dan Bencana Kemanusian

Amonium Nitrat dan Bencana Kemanusian

Asep Saepudin

BOGOR – RADAR BOGOR, Sebanyak 2.750 ton amonium nitrat yang merupakan pupuk pertanian disinyalir menjadi penyebab insiden ledakkan dahsyat di Kota Beirut, Lebanon pada Selasa (4/8/2020) petang. Insiden ini mengakibatkan puluhan warga dilaporkan meninggal dunia dan ribuan orang mengalami luka-luka.

Hingga saat ini belum diketahui jumlah pasti seberapa banyak korban yang jatuh karena kemungkinan masih akan bertambah seiring dengan perkembangan proses evakuasi dan identifikasi tempat kejadian.

Peristiwa ini mengundang banyak simpatik segenap warga dunia yang menyampaikan ucapan duka dan dukungan moral kepada para korban. Sebagai bangsa yang berprikemanusian, Indonesia pun menyampaikan rasa duka dan belasungkawa yang mendalam kepada Pemerintahan Lebanon.

universitas-nusa-bangsa

Atas dasar rasa kemanusiaan itu juga, sejatinya kita tidak memandang perbedaan ras, suku bangsa, pandangan politik maupun agama dalam meyikapi peristiwa tersebut. Kita semua turut prihatin dan ikut berduka.

Lantas, apa itu amonium nitrat? Amonium nitrat merupakan garam nitrat berbentuk padatan kristal yang berwarna putih dan memiliki kelarutan yang tinggi dalam air.

Amonium nitrat diperoleh melalui reaksi netralisasi asam nitrat (HNO3) dengan basa amonia (NH3). Di alam, amonium nitrat dihasilkan oleh semua jenis tanaman melalui reaksi amonia dengan asam nitrat tersebut mengikuti persamaan berikut: NH3 + HNO3 → NH4NO3.