Beranda Berita Utama Jumlah Kasus Covid-19 di Indonesia Lampaui Prediksi Pakar

Jumlah Kasus Covid-19 di Indonesia Lampaui Prediksi Pakar

Jawa Tengah 143 kasus baru dan 301 sembuh. Data itu menunjukkan bahwa tiga provinsi dengan pertumbuhan kasus tertinggi nasional mencatatkan kasus sembuh yang lebih tinggi dari kasus konfirmasi positif.

Sekjen Ikatan Ahli Kesehatan Masyarakat Indonesia (IAKMI) Dedi Supratman menjelaskan, jumlah kasus konfirmasi positif Covid-19 di Indonesia melampaui prediksi para pakar.

Per 31 Juli, Indonesia berada di urutan ke-24 negara dengan jumlah kasus terbanyak, yakni di angka 108.376.

”Para pakar memprediksi 100 ribuan di akhir Juli,” ujarnya dalam diskusi virtual yang diadakan Ikatan Alumni Universitas Indonesia kemarin.

Itu menunjukkan bahwa perkembangan penularan Covid-19 di Indonesia memang cukup pesat. Maka, mau tidak mau Indonesia harus memperkuat upaya pencegahan. Apalagi, tren catatan kasus harian sudah di kisaran 2.000. ”Kita belum bicara second wave ya. Ini kita masih gelombang pertama,” lanjutnya.

Dedi mengingatkan, untuk menemukan sekitar 90 ribu kasus, Tiongkok melakukan tes kepada lebih dari 90 juta orang. Sementara Indonesia baru mengetes 866 ribuan orang sudah menghasilkan 108 ribu kasus.