25 radar bogor

Gempa Tektonik 4,5 SR Guncang Indramayu, Tak Berpotensi Tsunami

Ilustrasi gempa bumi
Ilustrasi gempa bumi
Gempa Megathrust Mentawai
Ilustrasi Gempa

INDRAMAYU-RADAR BOGOR, Wilayah Kabupaten Indramayu dan sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik, Sabtu (1/8/2020) malam pukul 23:24.

Hasil analisa BMKG menunjukkan bahwa gempa bumi ini berkekuatan M=4.5. Episenter terletak pada koordinat 6.43 LS dan 108.24 BT, atau tepatnya berlokasi di Darat pada jarak 14 km Barat Daya Kabupaten Indramayu pada kedalaman 12 kilometer.

Kepala BBMKG Wilayah II Tangerang Selatan Hendro Nugroho menjelaskan, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi Dangkal akibat aktivitas Sesar lokal wilayah setempat.

Dampak gempabumi yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shakemap) BMKG dan berdasarkan laporan dari masyarakat, gempa bumi ini dirasakan di wilayah Indramayu dengan Skala Intensitas III MMI (Getaran dirasakan nyata dalam rumah. Terasa getaran seakan-akan ada truk berlalu).

“Namun hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa bumi tersebut. Hingga pukul 23:52 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock),” jelasnya.

Ia pun mengimbau masyarakat agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya. (ysp)