Beranda Berita Utama Lima Taruna Akpol Dinyatakan Positif Covid-19

Lima Taruna Akpol Dinyatakan Positif Covid-19

Ilustrasi hasil tes COVID-19.

JAKARTA-RADAR BOGOR, Sebanyak 5 orang Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) dinyatakan positif Covid-19 saat berada di Jogjakarta. Kendati demikian, sampai saat ini belum bisa dipastikan kapan mereka terpapar Covid-19.

Gubernur Akpol Irjen Pol Asep Syahrudin mengatakan, kelima taruna diketahui mengajukan cuti pada 17 dan 18 Juli 2020. Mereka bahkan sudah melakukan tes swab sebelum cuti, hasilnya dinyatakan seluruhnya negatif.

“Swab Test dilakukan oleh Tim kesehatan RS Puspol Soekanto di Kramat Jati, Jakarta pada tanggal 9 dan 10 Juli dan hasilnya keluar tanggal 11 dan 12 Juli,” kata Asep dalam keterangan tertulis, Sabtu (1/8).

Dia menyampaikan, kelima Taruna sendiri mengajukan cuti karena kalender akademik. Dia membantah mereka cuti karena dinyatakan positif Covid-19. “Cuti taruna dilaksanakan berdasarkan kalender akademi, bukan karena ada kasus Covid-19 di Akpol,” jelasnya.

Asep pun memastikan kelima taruna tersebut terpapar Covid-19 bukan pada saat berada di Akpol. “Jadi, anak-anak Taruna Akpol itu keluar Akpol ditest Swab. Kemudian keluar ada yang ke Jogjakarta dan sebagainya sesuai tujuan. Di Jogjakarta diswab, kena di sana,” tandasnya.(JPC)