25 radar bogor

Pemerintah Berikan Tiga Stimulus Bagi Pelaku Usaha di Tengah Pandemi

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang
Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang

JAKARTA-RADAR BOGOR, Pemerintah dalam hal ini Kementerian Perindustrian (Kemenperin) bakal memberikan beberapa stimulus baru untuk membantu pelaku usaha industri yang terdampak wabah Covid-19. Di antaranya terkait dengan subsidi energi hingga pembiayaan.

Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang memaparkan, stimulus pertama adalah bantuan pengurangan beban biaya listrik.

Hal itu yaitu penghapusan minimum 40 jam nyala untuk listrik bagi dunia usaha. Diharapkan dapat membantu dari sisi operasional keuangan perusahaan.

“Jadi para pelaku usaha ini kebijakan penghapusan minimum 40 jam ini sudah disetujui, dan akan segera diimplementasikan,” ujarnya dalam Konferensi Pers Virtual, Selasa (28/7/2020).

Kedua, terkait fasilitas penyerapan bahan baku bagi industri kecil dan menengah (IKM), khususnya bahan baku dari petani dan nelayan. Hal itu diberikan karena banyak produk-produk dari petani dan nelayan yang tidak bisa diserap oleh pasar.

Pemerintah juga menganggarkan anggaran untuk penyerapan produk-produk bagi petani dan nelayan untuk difasilitasi, salah satunya bagi IKM.