25 radar bogor

Gandeng RSMM Bogor, 3.458 ODGJ di Sukabumi Siap Dievakuasi

Tim Advokasi Kesehatan Jiwa Masyarakat Rumah Sakit Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor melakukan lawatan kerja ke Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi.
Tim Advokasi Kesehatan Jiwa Masyarakat Rumah Sakit Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor melakukan lawatan kerja ke Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi.

SUKABUMI-RADAR BOGOR, Tim Advokasi Kesehatan Jiwa Masyarakat Rumah Sakit Marzoeki Mahdi (RSMM) Bogor melakukan lawatan kerja ke Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi yang terletak di Jalan Raya Gunung Butak, Desa Citepus, Kecamatan Palabuanratu.

Kunjungan kerja ini untuk melakukan koordinasi pelayanan kesehatan jiwa masyarakat sebagai tindak lanjut evakuasi ODGJ berat masal se-Kabupaten Sukabumi yang digelar di Yonif 310 Kidang Kencana Cikembar beberapa bulan yang lalu, sebelum terjadinya wabah pandemi Covid 19 yang merebak di Indonesia.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi Harun Alrasyid mengatakan, saat ini terdapat 3.458 Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ) yang tersebar di 47 kecamatan di Kabupaten Suakbumi.

“Melihat jumlah ODGJ saat ini, kita mengharapkan kegiatan pelayanan kesehatam jiwa dan evakuasi ODGJ berat masal se-Kabupaten Sukabumi, seperti di Yonif 310 Cikembar, bisa terealisasi di anggaran perubahan tahun 2020,” kata Harun kepada Radar Sukabumi.

Sementara itu, Kepala Instalasi KJM dan PKRS RSJMM Bogor, Ketut Suardika didampingi Koordinator Lintas Sektor, Iyep Yudiana mengatakan, RSMM Bogor sangat menyambut baik rencana Dinas Kesehatan Kabupaten Sukabumi yang akan melakukan kegiatan pelayanan kesehatam jiwa dan evakuasi ODGJ berat masal se-Kabupaten Sukabumi, seperti yang diselenggarakan di Yonif 310 KK Cikembar pada beberapa bulan lalu.

“Kami siap mendukung realisasi kegiatan yang akan jadwalkan oleh Pak Kadinkes Kabupaten Sukabumi itu,” katanya.