25 radar bogor

Berstatus Zona Hijau, 257 Kecamatan di Jabar Siap-siap Sekolah Tatap Muka

Ilustrasi
Ilustrasi

BOGOR – RADAR BOGOR, Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Jabar) memberi lampu hijau bagi 257 kecamatan untuk membuka kegiatan belajar mengajar secara tatap muka. Semua kecamatan tersebut diketahui sudah berstatus zona hijau.

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan, analisis dan rekomendasi pembukaan aktivitas belajar mengajar tidak lagi melihat skala kota atau kabupaten karena dianggap terlalu luas.

Artinya, pertimbangan menggunakan skala kecamatan karena dianggap lebih mudah untuk diawasi. “(Pertimbangan) tidak lagi berbasis kabupaten kota. Tapi kecamatan yang zona hijau,” ujarnya, Selasa (28/7/2020).

Status hijau pun ada klasifikasinya. Yakni, daerah yang tidak pernah ada satu pun kasus positif Covid-19. Lalu, jika ada atau pernah ada kasus positif Covid-19, maka kecamatan tersebut bisa kembali berkategori hijau jika selama tiga bulan terakhir tidak ada lagi kasus positif baru.

Namun dia menekankan, pembukaan aktivitas belajar mengajar ini belum berlaku untuk semua tingkatan. Yang pertama didahulukan adalah tingkat SMA atau SMK se-derajat. Setelah 14 hari tidak ada gejolak kasus, maka kebijakan ini bisa berlaku untuk tingkat SMP.

“Kalau SMP terkendali baru masuk ke SD dan TK. Dalam kenyataannya kelas dikurangi 50 persen. Murid yang masuk sekolah diatur, dijadwal. Kebijakan ini diharapkan bisa menjawab ribuan orang tua yang komplain. Tapi, intinya, kami ga bisa mengiyakan tanpa ada kajian yang membuat kita yakin dalam kondisi pengendalian yang benar,” terangnya.