25 radar bogor

PDIP Berharap Anak Milenial Paham Sejarah Kudatuli

Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri meminta semua kadernya untuk tetap mendukung kerja-kerja pemerintahan Jokowi-Ma'ruf. (dok JawaPos.com)
Ketua Umum DPP PDIP Megawati Soekarnoputri meminta semua kadernya untuk tetap mendukung kerja-kerja pemerintahan Jokowi-Ma’ruf. (dok JawaPos.com)

JAKARTA-RADAR BOGOR, Peristiwa 27 Juli 1996 atau biasa disebut Kerusuhan Dua Tujuh Juli (Kudatuli) tercatat menjadi salah satu tragedi kelam di era Orde Baru.

Kala itu, terjadi serangan terhadap Kantor DPP PDI di Menteng, Jakarta sebagai representasi partai politik pimpinan Megawati Soekarnoputi.

Tak hanya di Jakarta, kantor DPD PDI di Jalan Pandegiling, Surabaya juga diserang oleh oknum massa pada keesokan harinya, 28 Juli 1996. Suasana Kota Pahlawan saat itu pun seketika mencekam.

Ketua DPC PDIP Surabaya Adi Sutarwijono mengatakan, tragedi Kudatuli harusnya bisa menjadi pelajaran terpenting dalam perjalanan bangsa bahwa demokrasi ditegakkan dengan harga sangat mahal, yaitu pertentangan fisik hingga pengorbanan rakyat.

“Khususnya kita belajar bahwa kedaulatan PDI Perjuangan ini dijaga dan ditegakkan dengan darah, keringat, air mata, bahkan nyawa, termasuk dalam tragedi 27 Juli, oleh para pejuang partai yang saat itu disebut pro Mega,” ujar Adi dalam keterangan tertulis yang diterima JawaPos.com, Senin (27/7/2020).

Adi mengatakan, peristiwa ini harus menjadi pendidikan sejarah yang penting bagi kaum muda, khususnya bagi kader-kader PDIP.