25 radar bogor

Tak Mampu Bayar SPP, Ribuan Mahasiswa Terancam DO

Ilustrasi Mahasiswa kuliah secara daring.

’’Terkait penyesuaian UKT, ada lebih dari seribu mahasiswa (yang mengajukan, Red),’’ katanya. Penyesuaian ini meliputi penurunan tarif UKT bagi yang terdampak tetap dan penurunan tarif UKT untuk satu semester bagi yang terdampak tidak tetap.

Bentuk penyesuaian lainnya adalah bebas atau gratis UKT bagi mahasiswa yang tinggal menyelesaikan skripsi, tugas akhir, tesis, atau disertasi. Alias sudah tidak memiliki tanggungan kuliah lagi. Selain itu Unesa juga membuka klausul penundaan pembayaran UKT selama dua semester.

Rektor UGM Panut Mulyono mengatakan tidak ada mahasiswanya yang terancam DO akibat kesulitan ekonomi di tengah pandemi Covid-19. ’’UGM selalu memberi solusi untuk mahasiswa yang betul-betul tidak dapat membayar uang kuliah,’’ katanya.

Contonya untuk semua mahasiswa bidik misi yang sudah habis beasiswanya dari pemerintah tetapi belum lulus, maka semester I tahun akademik 2020/2021 ini digratiskan tanggungan UKT-nya.

Jika pada semester ganjil ini mereka belum juga lulus, akan dipikirkan solusi berikutnya. Seperti diketahui mahasiswa bidik misi ini adalah mahasiswa berprestasi dari keluarga tidak mampu. Mereka diberi beasiswa dari pemerintah untuk delapan semester saja.