25 radar bogor

Survei: Bima Arya Wali Kota dengan Kinerja Terbaik Tangani Covid-19

Wali Kota Bogor Bima Arya meninjau dua titik RW Siaga di kawasan Tanah Sareal dan Bogor Barat
Wali Kota Bogor Bima Arya meninjau dua titik RW Siaga di kawasan Tanah Sareal dan Bogor Barat

JAKARTA-RADAR BOGOR, Wali Kota Bogor Bima Arya, Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini, dan Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dinilai publik sebagai kepala daerah ditingkat kota/kabupaten berkinerja terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19.

Hal tersebut terlihat dari hasil survei opini publik yang dipaparkan Direktur Eksekutif Charta Politika Indonesia Yunarto Wijaya, Rabu (22/7/2020).

Pada pertanyaan terbuka (top of mind) kepada 2.000 responden, secara keseluruhan muncul 14 nama kepala daerah (gubernur atau bupati/wali kota) yang dinilai memiliki kinerja terbaik dalam penanganan pandemi Covid-19.

Risma dan Bima Arya berada di posisi kelima dan keenam dengan 2,2 persen dan 1,3 persen. Di atasnya ada jajaran kepala daerah tingkat provinsi seperti Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil dengan 15,6 persen, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 13,4 persen, Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan 11,8 persen dan Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa 5,1 persen.

Pada level wali kota/bupati, di bawah Risma dan Bima Arya, terdapat nama Azwar Anas 1,1 persen, lalu Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany 1,0 persen serta Bupati Bogor Ade Yasin 0,5 persen.

“Kita uji juga by perception. Secara persepsi kepala daerah yang dianggap berkinerja terbaik, kita sengaja terbuka, tidak dibatasi harus wali kota dengan kategorinya atau bupati atau gubernur saja. Silahkan mereka jawab karena terbuka undecided-nya. Angka tidak tahu/tidak jawab (TT/TJ) sangat besar memang di angka 34,6 persen,” ujar Yunarto Wijaya.