25 radar bogor

Prabowo Masih Capres Terkuat 2024

Ketum Gerindra Prabowo Subianto
Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto
Menteri Pertahanan Prabowo Subianto

JAKARTA-RADAR BOGOR, Walau pilpres masih empat tahun lagi, namun lembaga survei tetap memotret elektabilitas para tokoh-tokoh yang layak menggaantikan Joko Widodo (Jokowi) nanti.

Dari sejumlah tokoh publik yang disurvei Y-Publica, terdapat tiga besar nama sebagai kandidat presiden nanti. Yakni Prabowo Subianto, Ganjar Pranowo, dan Ridwan Kamil alias Kang Emil.

“Prabowo masih menjadi capres terkuat dengan elektabilitas 17,3 persen, diikuti Ganjar 15,2 persen dan Kang Emil 12,1 persen,” kata Direktur Eksekutif Y-Publica Rudi Hartono dalam keterangan presnya di Jakarta, Rabu (22/7).

Lebih jauh Rudi Hartono mengatakan, elektabilitas Prabowo memang merosot dari sebelumnya. Pada survei Maret 2020 lalu mencapai 23,7 persen. Meski turun, tapi posisi Prabowo masih unggul.

Ganjar dan Kang Emil naik dari sebelumnya posisi keempat dan kelima kini berada di tiga besar. Ganjar dan Kang Emil mengalami kenaikan elektabilitas. Dari semula 8,0 persen dan 4,9 persen, atau mencapai kisaran dua kali lipat.

“Kenaikan signifikan elektabilitas kedua kepala daerah tersebut berkorelasi erat dengan kebijakan selama pandemi Covid-19,” jelas Rudi.