25 radar bogor

Vaksin Corona China Tiba, Anggota Ombudsman : RI Jangan Jadi Kelinci Percobaan!

Ilustrasi vaksin

Kemlu sendiri mengakui bahwa vaksin ini belum siap edar. Vaksin masih harus melalui uji klinis tahap III yang akan dilakukan PT Bio Farma, Universitas Padjadjaran, dan Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan (Balitbangkes). Ditargetkan bisa mulai digunakan untuk keadaan darurat mulai kuartal pertama 2021.

Ya, tim riset FK Unpad bersama Bio Farma dan Sinovach Biotech Ltd dari Tiongkok, tengah menyiapkan uji klinis vaksin Covid-19. Vaksin tersebut direncanakan akan diujicobakan kepada 1.620 relawan di Kota Bandung.

Ketua tim riset FK Unpad, Kusnandi Rusmil menyebut, ada sejumlah titik lokasi penyuntikan vaksin, di antaranya yakni RS Pendidikan Unpad dan Kampus Unpad Dipati Ukur. Menurutnya, uji klinis vaksin Covid-19 akan dilakukan setelah mendapat persetujuan dari Komite Etik Penelitian Unpad.

Nantinya, FK Unpad akan menjadi pihak yang melangsungkan tahapan uji klinis di Indonesia dan Biofarma menjadi sponsor. Saat ini, kelayakan rencana kerja uji klinis masih dalam tahap penelaahan kelayakan oleh Komite Etik. (net/ysp)