25 radar bogor

Vaksin Covid-19 dari Tiongkok Bakal Diuji Coba ke 1.620 Relawan

Ilustrasi Corona
Ilustrasi Corona
Ilustrasi Corona
Ilustrasi Corona

BANDUNG-RADAR BOGOR, Tim riset Fakultas Kedokteran (FK) Unpad bersama Bio Farma dan Sinovach Biotech Ltd dari Tiongkok, tengah menyiapkan uji klinis vaksin Covid-19. Vaksin tersebut direncanakan akan diujicobakan kepada 1.620 relawan di Kota Bandung.

Ketua tim riset FK Unpad, Kusnandi Rusmil menyebut, ada sejumlah titik lokasi penyuntikan vaksin, di antaranya yakni RS Pendidikan Unpad dan Kampus Unpad Dipati Ukur. Menurutnya, uji klinis vaksin Covid-19 akan dilakukan setelah mendapat persetujuan dari Komite Etik Penelitian Unpad.

Nantinya, FK Unpad akan menjadi pihak yang melangsungkan tahapan uji klinis di Indonesia dan Biofarma menjadi sponsor. Saat ini, kelayakan rencana kerja uji klinis masih dalam tahap penelaahan kelayakan oleh Komite Etik.

“Begitu Komite Etik sudah oke, kita akan jalan,” tutur Kusnandi dalam keterangan tertulis yang diterima Radar Bandung, Senin (20/7/2020).

Kusnandi menjelaskan, vaksin Covid-19 akan disuntikkan 2 kali ke tubuh relawan. Para relawan merupakan orang sehat yang sudah dicek kondisi tubuhnya. Penyuntikan akan dilakukan sebanyak dua kali per 14 hari. Secara berkala, tim akan melakukan pengawasan dan pemeriksaan terhadap setiap relawan dalam pemantauan yang berdurasi tujuh bulan.

“Kita cari orang sehat, lalu kita suntikan vaksinnya, apakah vaksinnya memunculkan zat anti terhadap penyakit atau tidak,” kata Kusnandi.