25 radar bogor

Jumlah Kasus Covid-19 di Indonesia Lampui Tiongkok

Ilustrasi-Corona
Ilustrasi-Corona

Kemampuan itu masih jauh dibanding Malaysia yang mencapai 30 ribuan per hari. Padahal, jumlah penduduk Indonesia sembilan kali lipat dari Malaysia. ’’Seharusnya yang dites di Indonesia minimal 270 atau 300 ribu per hari,’’ terangnya.

Dia mengapresiasi langkah pemerintah yang berfokus pada tracking, tracing, dan treatment. Pihaknya mendorong pemerintah untuk benar-benar berkomitmen dengan kebijakan tersebut. ’’Ketika pemerintahnya serius, kita akan jadi ikut serius,’’ lanjutnya.

Dengan kondisi Indonesia belum mampu meningkatkan tes secara signifikan, harus ada alternatif untuk mencegah penularan. Yang bisa dilakukan adalah mengisolasi orang-orang hasil contact tracing. Bukan isolasi mandiri, melainkan isolasi terpusat di fasilitas pemerintah. Setidaknya selama dua pekan.

Dengan isolasi terpusat, pemerintah bisa lebih mudah mengontrol. Bila selama 14 hari itu timbul gejala, bisa langsung dites. Atau, bila kapasitas tes sudah meningkat, mereka bisa lebih mudah dijangkau. Bila mengandalkan isolasi mandiri, justru itu berisiko.

Pemerintah juga tidak boleh tanggung dalam menjalankan isolasi. Menurut Elina, untuk setiap satu kasus baru, minimal harus ada 25 kontak yang diisolasi secara terpusat.

Elina menuturkan, harus diakui langkah pemerintah Indonesia di awal pandemi memang tidak pas. Kebijakan sering berubah. Misalnya, yang awalnya melarang mudik, lalu mengizinkan dengan syarat.