25 radar bogor

Kondisi Covid-19 di Jawa Barat Mengkhawatirkan

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.
Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil saat memantau Taman safari Indonesia (TSI) Cisarua, Kabupaten Bogor.

BANDUNG-RADAR BOGOR, Kasus penyebaran virus corona atau Covid-19 di Jawa Barat, kian mengkhawatirkan. Gubernur Jabar Ridwan Kamil menyatakan bahwa kondisi penyebaran Virus Corona (Covid-19) di Jawa Barat kurang menggembirakan.

Gubernur Jabar Ridwan Kamil, menjelaskan dalam 7 hari terakhir banyak yang kurang menggembirakan. “Ada yang tidak gembira, dan ada yang konsisten, membaik,” jelasnya usai rapat Gugus Tugas Covid 19 Jabar, Senin (13/7).

Emil menambahkan, bahwa selama dua hari terakhir, pelaporan kasus sudah di bawah 100 lagi. “Jadi ada lonjakan. Sehingga lonjakan yang sampai 900 ini adalah anomali dan sudah kita lewati pekan lalu,” terangnya.

Gubernur menjelaskan, bahwa kabar dari Panglima TNI, soal Secapa AD Bandung, yang dites kembali sembuh itu, sudah banyak. “Tapi kita update di minggu depan. Hal ini berpengaruh pada angka reproduksi Covid kita di angka 1,73 dalam dua minggu terakhir,” jelasnya.

Diakui Emil, bahwa ini pertama kali Jabar angka reproduksi Covid 19 di atas satu, yang biasanya di bawah satu. “Insya Allah bisa kita kendalikan lagi,” terang Emil.

Dalam minggu ini, menurut Emil akan ada proses transfer dari level kewaspadaan provinsi beralih menggunakan level kewaspadaan gugus tugas nasional.

“Akan ditranslasi merah,oranye, kuning, hijau. Hari ini belum ada pengumuman status terkait dengan level kewaspadaan, karena sedang proses translasi,” paparnya.(arf/pojokjabar)