25 radar bogor

Ketua Umum DPP LDII Prof. KH Abdullah Syam Meninggal Dunia

Ketua Umum DPP LDII Prof. KH Abdullah Syam.
Ketua Umum DPP LDII Prof. KH Abdullah Syam. Ist

JAKARTA-RADAR BOGOR, Ketua Umum DPP LDII Prof. Dr. KH Abdullah Syam atau Abdullah Syarief Mukhtar meninggal dunia pada usia 72 tahun, di Rumah Sakit Veteran dr Suyoto, Selasa (14/7/2020).

Dani Pramudya yang mendampingi Abdullah Syam hingga saat meninggal dunia mengatakan, Ketua Umum DPP LDII yang lahir di Bogor pada 22 Pebruari 1948 itu menderita komplikasi diabetes, hipertensi, dan jantung. “Beliau meninggal dunia pada pukul 03.30 Wib,” ujar Dani.

Sebelumnya Abdullah Syam telah dirawat di rumah sakit selama lima hari. Karena kondisinya telah stabil, dokter yang merawat mengizinkan pulang. Namun sesampai di rumah kondisinya menurun kembali, “Beliau kemudian dirawat di rumah sakit hingga meninggal dunia,” ujar Dani.

Abdullah Syam dilantik menjadi Ketua Umum DPP LDII sejak 1998-2005, 2005-2011, 2011-2016, dan 2016-2021. Dalam memimpin DPP LDII selama empat periode Abdullah Syam membawa perubahan dalam gerak organisasi, yang lebih inklusif dan lincah dalam membaca lingkungan strategis.

“Pada saat reformasi, Pak Abdullah Syam berhasil memanfaatkan momentum tersebut dengan menerbitkan Majalah Nuansa dengan izin resmi memakai SIUPP,” ujar Ketua DPP LDII Prasetyo Sunaryo.

Abdullah Syam selain menjadi birokrat dan peneliti di Kementerian Kehutanan merupakan sosok yang aktif. Dia tak segan-segan menyambangi warga LDII di wilayah Pulau Sebatik, perbatasan Indonesia-Malaysia.