25 radar bogor

Anggaran Dialihkan untuk Covid-19, Ratusan Proyek di Kota Bogor Tertunda

Kolam-Retensi
Kondisi kolam retensi Cibuluh yang kini sudah bisa difungsikan. Hendi/Radar Bogor

Seperti diketahui Anggaran pelebaran jalan dan jembatan berasal dari APBD Provinsi Jawa Barat Rp30 miliar untuk pembangunan jembatan dan jalan, serta dari APBD Kota Bogor Rp10 miliar untuk pembebasan lahan.

“Total ada 55 persen anggaran yang ditunda pada 2029, dari pagu yang sudah dianggarkan. jika ditotalkan APBD Kota dari Rp189 miliar tinggal Rp91 miliar, berkurang Rp98 miliar,” ucapnya.

Menurut dia, anggaran yang tersisa hanya untuk pekerjaan rutin, pemeliharaan jalan, dan konsultan yang sudah jalan. Karena konsultan yang  sudah berjalan tidak bisa ditunda, dan harus dibayarkan.

Diketahui, Pemkot Bogor menunda pembangunan Alun- alun Kota Bogor. Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Pembangunan Alun-alun Kota Bogor Feby Dermawan bercerita, semula pembangunan alun-alun Kota Bogor di atas lahan eks Taman Topi tetap berjalan, meski di tengah kondisi wabah seperti saat ini. Namun, lantaran keterbatasan anggaran dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, proyek inipun ditunda.

“Kemaren sudah masuk lelang tapi d itengah jalan proses lelangnya di hentikan karena melihat kondisi seperti saat ini, dan baru akan dialokasikan pada 2021 nanti,” ujarnya.

Akibat penghentian ini, kini Febymengususlkan kembali, agar proyek tersebut masuk dalam program pembangunan pada 2021 mendatang.