25 radar bogor

Genjot Pemeriksaan Covid-19, Pemkab Siapkan Enam Laboratorium Rujukan

Lab-IPB
Petugas laboratorium uji Covid-19 IPB sedang melakukan pengujian. Hingga Jumat (24/4), total sudah ada 273 sampel diterima. FOTO : Ist

Sejak awal, Wakil Bupati Bogor, Iwan Setiawan telah mewanti-wanti agar PSBB Transisi harus diiringi dengan memperbanyak uji Covid-19, baik berupa rapid test maupun swab test.

Pemkab Bogor juga ingin menggenjot di beberapa pusat keramaian, seperti pasar maupun stasiun. Apalagi, Bogor menjadi salah satu wilayah yang menjadi pusat perhatian dari pemerintah provinsi Jawa Barat (Jabar).

“Sekarang pemprov Jabar memberikan fokus ke 5 wilayah (Bodebek). Jadi fokus perhatian Gubernur juga untuk bantuan rapid test, bantuan alat PCR, mobil-mobil lab (PCR) juga akan diprioritaskan di 5 wilayah itu,” ungkapnya kepada Radar Bogor, kemarin.

Kelima wilayah itu termasuk Kabupaten Bogor, kata Iwan, memang dikategorikan sebagai zona kuning. Akan tetapi, pemprov Jabar juga fokus untuk mencari cara agar bisa keluar dari zone itu. Angka pengujian mesti diperbanyak.

Iwan juga menilai, pemkab Bogor sudah mengupayakan berbagai cara agar angka penularan efektif tidak naik lagi. Sejauh ini, mereka terbukti bisa menekannya hingga di bawah ambang 1. Hasil itu harus dipertahankan dengan tetap memetakan kasus-kasus di Kabupaten Bogor melalui tes.

“Kalau kasus-kasusnya turun, sebenarnya agak susah. Tapi, kalau hitungan sebenarnyamelihat dari persentasenya. Kita secara persentase sudah turun di bawah 1 (RT). Makanya untuk menurunkan lagi harus memperbanyak rapid test dan PCR swab. Dalam 14 hari (selama PSBB Transisi) kita lakukan itu,” tandasnya. (mam)