25 radar bogor

Besok Tahun Ajaran Baru, 40 SMA Sederajat Laksanakan KBM di Sekolah

Ilustrasi belajar
Ilustrasi belajar

SUKABUMI–RADAR BOGOR, Sebanyak 40 SMA sederajat di Kota Sukabumi, Jawa Barat, sudah siap melaksanakan kembali kegiatan belajar mengajar (KBM) tatap muka langsung di sekolah yang sesuai rencana pelajar tingkat menengah tersebut masuk pada Senin, 13 Juli 2020.

“Total SMA sederajat di Kota Sukabumi ada 51 unit, tetapi yang baru siap melaksanakan KBM tatap muka langsung di sekolah hanya 40 sekolah,” kata Kepala Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah V Jabar Nonong Winarni di Sukabumi, Sabtu (11/7/2020).

Menurutnya, Dinas Pendidikan Provinsi Jabar sudah melakukan dua tahap verifikasi terkait KBM tatap muka ini, yakni yang pertama menerjunkan para pengawas untuk melakukan pemeriksaan kesiapan menggunakan data periksa sesuai dengan surat keputusan bersama (SKB) empat menteri, ternyata dari 51 sekolah hanya 40 sekolah terverifikasi layak dan boleh menyelenggarakan kegiatan tatap muka.

Dari 40 SMA sederajat tersebut datanya diserahkan kepada Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kota Sukabumi, karena lembaga tersebut yang bisa menentukan apakah sekolah tersebut layak atau tidak menyelenggarakan KBM tatap muka.

Kemudian diverifikasi tahap kedua tersebut yang terjun melakukan uji kelayakan sekolah menyelenggarakan tatap muka adalah tim dari gugus tugas, namun demikian dari 40 sekolah yang sudah siap melaksanakan kembali KBM di sekolah bisa kembali berkurang jumlahnya.

Sementara dari 10 SMA sederajat yang menyatakan tidak siap melaksanakan KBM tatap muka merupakan sekolah berstatus swasta yang disebabkan oleh beberapa faktor, seperti kekurangan murid, belum bisa menyiapkan sarana maupun prasarana dan lain hal.